Bondan Winarno yang dikenal sebagai tokoh bidang kuliner, akhirnya meninggal dunia setelah divonis mengidap aneurisma aorta

Oleh: Sutar, S.Farm., Apt

Bondan Winarno yang dikenal sebagai tokoh bidang kuliner, akhirnya meninggal dunia setelah divonis mengidap aneurisma aorta. Sebenarnya, seperti apakah penyakit aneurisma itu?

Banyak orang terkejut mendengar kabar meninggalnya pria yang akrab dengan kata 'Maknyus' ini. Karena sebelumnya beliau masih terlihat sehat dan bugar, walau sudah tak muda lagi. Namun siapa yang menyangka jika Pak Bondan memiliki riwayat mengidap aneurisma aorta.

Aneurisme aorta sendiri merupakan pembesaran pembuluh darah dibagian aorta yang berupa benjolan dan dapat mengganggu sirkulasi darah. Aorta sendiri berfungsi mengalirkan darah dengan kandungan oksigen tinggi dari jantung ke seluruh tubuh. Jika terjadi kekakuan dan lemah dibagian ini, maka dinding aorta dapat pecah dan bisa mengakibatkan perdarahan hebat dengan risiko kematian.

Pakar kesehatan menyebut aneurisme sebagai kondisi dimana dinding arteri semakin melemah sehingga akan menggelembung dengan tidak normal. Kondisi ini sebenarnya bisa terjadi di semua bagian tubuh. Namun, seringkali aneurisme terjadi pada aorta, otak, limpa, dan kaki. Penyebab dari penyakit ini sebenarnya masih belum bisa diketahui, namun beberapa pakar kesehatan menyebutkan salah satu fakor resikonya adalah hipertensi dan diabetes.

Bisakah Buah Mencegah Penyakit Ini?
Banyak sekali peneliti yang mengemukakn bahwa mengonsumsi buah dan sayuran dapat meningkatkan kesehatan kardiovaskuler. Bahkan beberapa peneliti menyebutkan buah dan sayur ternyata bisa mengobati penyakit termasuk aneurisme aorta.

Penelitian pun dilakukan di swedia terhadap 80.000 subjek berjenis kelamin wanita dan pria. Subjek tersebut dibagi kedalam empat grup kecil berdasarkan frekuensi mengonsumsi buah dan sayur dan dilakukan selama 13 tahun. Alhasil, 1.100 orang mengalami penyakit aneurisme aorta, 222 orang mengalami pecah pembuluh darah nadi dan yang lebih menariknya adalah 80% dari penderita tersebut adalah pria.

Ternyata subjek yang terkena penyakit tersebut masuk kedalam kelompok subjek “jarang mengonsumsi buah dan sayur”. Menurutnya, sekitar 31% faktor resiko terkena penyakit aneurisme aorta dapat dicegah dengan asupan buah kedalam tubuh. Peneliti juga mengungkapkan bahwa buah yang paling diminati oleh pasien bebas anurisme aorta adalah apel, pir, dan pisang.

Menurut Dr. Otto Stackelberg, seorang peneliti doktoral di Institute of Environmental Medicine's Nutritional Epidemiology Unit di Karolinska Institutet di Stockholm, Swedia, mengonsumsi buah dan sayur dapat mencegah penyakit vaskular dan menurunkan risiko aneurisme aorta, menurunkan penyakit jantung, diabetes tipe-2, hipertensi, serta beberapa macam kanker.

 

Penyakit diabetes dapat menyebabkan komplikasi seperti impotensi, jantung, stroke, gangguan ginjal, kerusakan syaraf, luka diabetes, hingga berujung amputasi. Hasil Uji Klinik SoMan di UGM menunjukkan, obat herbal SoMan dapat membantu menurunkan kadar gula darah dan penyakit penyerta, sehingga direkomendasikan sebagai obat untuk penyakit diabetes
soman, obat herbal, obat herbal diabetes, herbal soman, hidup sehat,penyakit diabetes, obat diabetes, jamu tetes, daya tahan tubuh, menjaga kesehatan, imun, multivitamin, kesehatan