Oleh : Vilinsianus Balang,S.Farm., Apt

Saat puasa Anda Anda harus menahan lapar dan makan hanya dua kali sehari dengan waktu istirahat yang lebih pendek. Bila demikian, puasa seharusnya mampu menurunkan berat badan bukan? Namun ada saja mereka yang berpuasa justru bertambah gemuk. Mengapa bisa terjadi?

Bertambah gemuk saat berpuasa dapat terjadi akibat mengonsumsi makanan berlebihan dan mengandung banyak gula. Selain itu, makan pun seperti balas dendam karena seharian tidak makan dan minum. Bahkan setelah shalat tarawih masih saja mengomsumsi makanan besar.

Makan malam setelah sholat tarawih sebenarnya boleh, karena kita sudah seharian berpuasa. Namun, sebagian besar wanita masih berpikir makan setelah  sholat tarawih akan menyebabkan kegemukan. Padahal sebenarnya kita membutuhkan energi yang banyak untuk melakukan aktifitas pada hari selanjutnya. Beraktivitas pada saat berpuasa membutuhkan energi yang besar dan energi tersebut dapat diperoleh jika cadangan gula dalam darah kita banyak. Jadi mengomsumsi makanan besar setelah sholat tarawih tidak menyebabkan kegemukan, tapi justru memberikan energi ekstra melakukan aktifitas di hari selanjutnya.

Yang perlu kita perhatikan adalah asupan saat berbuka. Selama belasan jam lambung kosong karena puasa, berbukalah dengan makanan yang ringan yang mudah dicerna oleh tubuh. Ini akan membuat tubuh tidak kaget ketika langsung mengomsumsi makanan besar, dan makanan besar sebaiknya dikomsumsi setelah melakukan sholat tarawih.

Perilaku yang sehat juga sangat baik agar tidak menyebabkan kegemukan. Setelah mengomsumsi makanan, diusahakan jangan langsung tidur . Beri waktu satu jam untuk memberikan kesempatan bagi tubuh mencerna makan tersebut. Jeda waktu tersebut dapat kita isi dengan kegiatan positiif atau ibadah lainnya.

Selama melakukan ibadah puasa sebaiknya tetap mengomsumsi multivitamin untuk mencukupi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Salah satunya Herbal SoMan, dimana herbal yang terbuat dari 39 bahan alam, 18 buah, 14 sayuran dan 7 rempah pilihan ini kaya akkan multivitamin, mineral, kalsium, omega 3 6 9, asam amino (baik yang esensial maupun yang nonesensial), serta antioksidan. Konsumsi Herbal SoMan selama bulan Ramadan dengan dosis 10 tetes, 3xsehari, saat sahur, berbuka, dan menjelang tidur.

 

Penyakit diabetes dapat menyebabkan komplikasi seperti impotensi, jantung, stroke, gangguan ginjal, kerusakan syaraf, luka diabetes, hingga berujung amputasi. Hasil Uji Klinik SoMan di UGM menunjukkan, obat herbal SoMan dapat membantu menurunkan kadar gula darah dan penyakit penyerta, sehingga direkomendasikan sebagai obat untuk penyakit diabetes
soman, obat herbal, obat herbal diabetes, herbal soman, hidup sehat,penyakit diabetes, obat diabetes, jamu tetes, daya tahan tubuh, menjaga kesehatan, imun, multivitamin, kesehatan

Created: Wednesday, 30 May 2018 09:25
Published: Wednesday, 30 May 2018 09:25