Vilinsianus Balang,S.Farm.,Apt

Walau menjadi penyebab kematian nomor satu di dunia, masih banyak yang meremehkan penyakit tekanan darah tinggi alias hipertensi. Karena datang tanpa keluhan atau gejala, banyak orang baru menyadari terkena hipertensi saat sudah terjadi komplikasi. Kalau sudah begini bagi Anda yang punya riwayat hipertensi harus dapat mengelola dan cegah hipertensi.

Sebelum membahas lebih jauh, Anda harus mengetahui bahwa tekanan darah normal adalah 120/80 mmHg. Jika lebih dari itu, seseorang dapat berisiko mengalami hipertensi atau tekanan darah tinggi dan sudah harus mulai berhati-hati. Saat mengalami peningkatan tekanan darah berulang dalam kondisi tenang dan sudah mencapai 140/90 mmHg dapat disimpulkan Anda mengidap hipertensi.

Penyakit hipertensi sangat berhubungan erat dengan meningkatnya risiko terjadinya penyakit stroke, jantung koroner, insufisiensi renal, gagal jantung dan penyakit vaskuler perifer lainnya.

Khusus untuk kaum lansia (usia > 60 tahun), hipertensi sangat rentan terjadi, karena perubahan pada tubuh akibat proses penuaan, diantanya penurunan kemampuan jantung yang dapat memicu terjadinya hipertensi. Tak bisa dielakkan bertambahnya usia membuat daya tahan tubuh semakin menurun yang akhirnya banyak penyakit datang menyerang.

Mengontrol dan cegah hipertensi sedini mungkin harus dilakukan agar tak terjadi komplikasi. Berikut cara efektif untuk mencegah hipertensi, seperti dibawah ini:

1. Mengomsumsi makanan kaya serat.
Makanan berserat sangat baik bagi kesehatan jantung dan organ jantung yang sehat dapat mencegah terjadinya hipertensi. Makanan berserat tersebut bisa saja berupa roti dari biji-bijian utuh, beras merah serta buah dan sayur.

2. Menjaga berat badan ideal.
Upaya menjaga berat badan ideal dapat dilakukan melalui perubahan gaya hidup, latihan jasmani dan diet.

3. Berolahraga secara rutin.
Seseorang yang aktif berolahraga akan lebih terhindar dari resiko terserang hipertensi. Lakukan olahraga 2-3 jam setiap minggunya.

4. Kurangi komsumsi garam
Terlalu banyak mengomsumsi garam akan menganggu keseimbangan elektrolit yang menyebabkan peningkatan aliran darah sehingan terjadilah hipertensi. Komsumsi garam yang direkomendasikan oleh kemenkes 4 sendok the perhari.

5. Membatasi mengkomsumsi alkohol.
Mengomsumsi alkohol yang melebihi dari takaran yang disarankan akan meningkatkan risiko terkena hipertensi.

6. Berhenti merokok dan menjauhi asap rokok.
Rokok dan asap rokok tidak menyebabkan penyakit hipertensi secara langsung, namun rokok dan asap rokok dapat membuat pembulu darah arteri menyempit, sehinga akhirnya terjadi hipertensi.

7. Membatasi komsumsi kafein
Jangan mengkomsumsi kopi lebih dari empat cangkir dalam sehari karena dapat meningkatkan terjadinya hipertensi.

Selain melakukan gaya hidup sehat, Anda juga dapat mengonsumsi Herbal SoMan untuk cegah hipertensi dan mengontrolnya. SoMan adalah herbal tetes berkhasiat yang terbuat dari campuran 39 bahan alam, terdiri dari 18 buah, 14 sayur, dan 7 rempah terpilih yang mampu membantu menstabilkan tekanan darah pada penderita tekanan darah tinggi. Dengan komposisi yang sagat lengkap membuat Herbal SoMan kaya akan fitonutrien, multivitamin, asam amino (baik yang esensial maupun nonesensial), omega (3,6,9), EPA dan DHA, serta kaya antioksidan.

Selalu waspada dan memeriksakan tekanan darah secara berkala. Dengan pemeriksaan yang rutin, maka masalah hipertensi pun akan lebih cepat diketahui sehingga bisa memberikan penanganan yang jauh lebih baik. Ingat cegah hipertensi lebih baik daripada mengobatinya.

Konsumsi Herbal SoMan 5 tetes, 3 kali sehari untuk memelihara daya tahan tubuh, dan 10 tetes, 3 kali sehari untuk membantu mempercepat proses pemulihan penyakit. (MR)

Penyakit diabetes dapat menyebabkan komplikasi seperti impotensi, jantung, stroke, gangguan ginjal, kerusakan syaraf, luka diabetes, hingga berujung amputasi. Hasil Uji Klinik SoMan di UGM menunjukkan, obat herbal SoMan dapat membantu menurunkan kadar gula darah dan penyakit penyerta, sehingga direkomendasikan sebagai obat untuk penyakit diabetes
soman, obat herbal, obat herbal diabetes, herbal soman, hidup sehat,penyakit diabetes, obat diabetes, jamu tetes, daya tahan tubuh, menjaga kesehatan, imun, multivitamin, kesehatan

Created: Tuesday, 27 November 2018 09:25
Published: Tuesday, 27 November 2018 09:25