Oleh : Imelda Y. Poluan

Apa yang ada di bayangan Anda ketika mendengar kata “kolesterol”. Sebagian besar pasti membayangkan hal yang tidak baik. Memang kolesterol pada jumlah tertentu dibutuhkan oleh tubuh, tapi saat jumlah kolesterol “jahat” menjadi tinggi akan meningkatkan berbagai masalah kesehatan. Simak risiko apa saja yang akan terjadi jika Anda menyepelekan kolesterol tinggi.

Memang tak seburuk yang dibayangkan karena ternyata tubuh kita pun memerlukan kolesterol untuk membuat hormon (testosteron, kortisol, dan estrogen), bahan dasar pembentukan vitamin D, dan asam empedu untuk membantu mencerna lemak dari makanan. Ada dua jenis lipoprotein yang membawa kolesterol ke seluruh tubuh yaitu High density lipoprotein (HDL) atau kolesterol baik dan Low density lipoprotein (LDL) atau kolesterol jahat.

Disebut kolesterol tinggi saat terjadi penumpukan LDL yang terlalu tinggi dalam darah sehingga membentuk plak yang  dapat menyumbat pembuluh darah arteri. Jika dibiarkan dalam waktu yang lama penyumbatan pembuluh darah dapat mengakibatkan penyakit berbahaya.

Diagnosis kolesterol tinggi dapat dilakukan melalui tes darah yang disebut dengan profil lipid (cek kolesterol). Sebelum pemeriksaan, pasien disarankan untuk berpuasa terlebih dahulu selama kurang lebih 12 jam, guna mendapatkan nilai basal kolesterol dalam tubuh tanpa adanya intervensi.

Berikut kadar kolesterol darah yang ideal dalam miligram per desiliter:
•    Kolesterol Total    : kurang dari 200 mg/dL.
•    Kolesterol LDL    : kurang dari 100 mg/dL.
•    Kolesterol HDL    : 40 mg/dL atau lebih tinggi.
•    Trigliserida        : kurang dari 150 mg/dL.

Kebanyakan orang yang memiliki kolesterol tinggi tidak memiliki gejala yang jelas, hal itu baru terlihat setelah dilakukan cek kolesterol. Inilah yang menyebabkan sering terjadi keterlambatan dalam penanganannya dan berujung timbulnya berbagai macam masalah kesehatan yang serius.

Berikut akibat dari kolesterol tinggi:

1. Masalah jantung
Ini disebabkan karena adanya penumpukan kolesterol di dinding pembuluh darah arteri hingga terjadi pengerasan arteri. Jika terus dibiarkan, kondisi ini akan membuat arteri menyempit dan mengurangi aliran darah ke jantung dan memicu rasa nyeri hingga sakit jantung.

2. Stroke
Kadar kolesterol yang tinggi menyebabkan penyempitan pembuluh darah, sehingga darah yang membawa oksigen dan nutrisi tidak bisa mengalir ke otak. Hal inilah yang memicu terjadinya stroke.

3. Hipertensi
Saat pembuluh darah menyempit akibat kolesterol, jantung akan bekerja lebih keras untuk memompa darah. Akibatnya tekanan darah pun semakin tinggi dan tidak normal.

4. Mengganggu sistem pencernaan
Tingginya tingkat kolesterol menciptakan terbentuknya kristal empedu yang berakibat timbulnya penyakit batu empedu.

Kolesterol dapat dicegah sebelum berubah menjadi kolesterol tinggi yang membawa berbagai penyakit. Banyak cara agar kolesterol tetap terkendali tanpa harus mengonsumsi obat kimia. Mengonsumsi makanan sehat, berolahraga, dan lengkapi dengan minum Herbal Tetes SoMan secara rutin dapat mencegah atau menurunkan kadar kolesterol.

SoMan yang kaya akan serat dan memiliki kandungan omega 3, 6, 9 dapat mengikat lemak serta mengikis plak yang ada di dinding pembuluh darah sehingga mencegah peningkatan kadar kolesterol tinggi. Sedangkan kandungan vitamin A, C, E, K dalam SoMan dapat melancarkan aliran darah  dan mengelastiskan dinding pembuluh darah yang kaku karena plak sehingga meminimalkan risiko terjadinya penumpukan kolesterol pada dinding pembuluh darah yang juga bisa menyebabkan serangan jantung maupun stroke.

Konsumsi Herbal SoMan 5 tetes, 3 kali sehari untuk memelihara daya tahan tubuh, dan 10 tetes, 3 kali sehari untuk membantu mempercepat proses pemulihan penyakit. (MR)

Penyakit diabetes dapat menyebabkan komplikasi seperti impotensi, jantung, stroke, gangguan ginjal, kerusakan syaraf, luka diabetes, hingga berujung amputasi. Hasil Uji Klinik SoMan di UGM menunjukkan, obat herbal SoMan dapat membantu menurunkan kadar gula darah dan penyakit penyerta, sehingga direkomendasikan sebagai obat untuk penyakit diabetes
soman, obat herbal, obat herbal diabetes, herbal soman, hidup sehat,penyakit diabetes, obat diabetes, jamu tetes, daya tahan tubuh, menjaga kesehatan, imun, multivitamin, kesehatan

Created: Wednesday, 28 November 2018 09:25
Published: Wednesday, 28 November 2018 09:25