Oleh: Vilinsianus Balang, S.Farm., Apt

Bagi penderita diabetes, liburan kadang terasa sangat menyulitkan. Bagaimana tidak, Anda akan dikelilingi oleh aneka menu makanan dan minuman yang menggugah selera tapi tidak bisa Anda konsumsi karena dapat membuat lonjakan gula darah. Lantas, bagaimana cara liburan sehat meski Anda memiliki diabetes?

Menjadi penyandang diabetes bukan menjadi halangan untuk berlibur dan bersenang-senang, namun memang membutuhkan sedikit persiapan lebih. Maklumlah karena beberapa pasien diabetes memiliki risiko kenaikan gula darah akibat berbagai godaan makanan dan minuman.

Berikut  tips agar tetap sehat saat liburan bagi penderita diabetes:

1. Liburan harus terencana. Karena ini  bukan saja mengenai tempat yang nantinya akan dituju, tapi juga makanan dan minumannya, medan traveling, serta kondisi alam dan cuaca.

2. Membawa surat keterangan dokter. Surat keterangan dokter dapat berisi kondisi penyakit diabetes dan mungkin komplikasi yang Anda miliki. Cek kesehatan sebelum berlibur dan pastikan kadar gula darah dalam kondisi yang bisa dikendalikan.  Penderita diabetes dapat meminta penjelasan ke dokter tentang obat, makanan yang berkaitan dengan diabetes, serta menyertakan resep untuk mempermudah membeli obat pada saat kehabisan.

3. Cerdas memilih makanan. Saat berlibur pastilah banyak godaan untuk mencicipi berbagai menu makanan dan minuman. Namun pastikan Anda tetap memilih makanan yang baik untuk tubuh Anda. Misalnya, menu yang direbus atau dibakar, serta memilih banyak menu sayuran. Aturlah pola makan dan jangan makan secara berlebihan agar kadar gula tidak melonjak naik.

4. Tetap rutin memeriksa kadar gula darah. Meski sedang liburan, jangan lupa tetap melakukan cek kadar gula darah, baik sebelum dan sesudah makan. Dengan begitu, Anda bisa tahu apakah pola makan selama liburan sudah tepat atau belum.

5. Sediakan cemilan enak dengan indeks glikemik yang rendah. Penderita diabetes masih boleh ngemil, cemilan yang tepat untuk penderita diabetes dapat berupa buah-buahan yang tinggi serat. Cemilan lainnya dapat juga berupa kacang kedelai atau olahan kacang kedelai yang bisa anda temui dimana saja. Kacang kedelai memiliki indeks glikemik yang rendah sehinga aman untuk penderita diabetes.

6. Harus mengunakan alas kaki yang tepat. Salah satu rIsiko yang kadang akan timbul pada saat melakukan traveling adalah luka atau borok pada kaki. Luka akibat diabetes umumnya sulit sembuhkan, apalagi bila kadar gulanya tak terkendali. Oleh karena itu yang paling tepat untuk mencegah luka di kaki adalah dengan menggunakan alas kaki yang sesuai saat melakukan kegiatan di luar rumah, misalnya  mempunyai sol yang tebal dan punggung kaki tertutup.

7. Tambahkan Herbal SoMan yang telah teruji klinik. Herbal SoMan  yang terbuat dari 39 bahan alam berkhasiat, terdiri dari buah, sayur, dan rempah pilihan,  telah teruji klinik efektif membantu menurunkan kadar gula darah bagi penderita diabetes, dengan dosis minum 10 tetes, 3xsehari. SoMan tak hanya membantu proses penyembuhan dari dalam, tapi juga membantu proses penyembuhan luka, seperti luka gangren akibat diabetes. Dalam SoMan terdapat kandungan vitamin K sebagai faktor pembekuan darah sehingga menunjang proses penyembuhan luka. Dikemas dalam botol isi 15 ml, Herbal SoMan sangat praktis untuk dibawa saat berlibur dan mudah mengonsumsinya.

Konsumsi Herbal SoMan 5 tetes, 3 kali sehari untuk memelihara daya tahan tubuh, dan 10 tetes, 3 kali sehari untuk membantu mempercepat proses pemulihan penyakit. (MR)

Penyakit diabetes dapat menyebabkan komplikasi seperti impotensi, jantung, stroke, gangguan ginjal, kerusakan syaraf, luka diabetes, hingga berujung amputasi. Hasil Uji Klinik SoMan di UGM menunjukkan, obat herbal SoMan dapat membantu menurunkan kadar gula darah dan penyakit penyerta, sehingga direkomendasikan sebagai obat untuk penyakit diabetes
soman, obat herbal, obat herbal diabetes, herbal soman, hidup sehat,penyakit diabetes, obat diabetes, jamu tetes, daya tahan tubuh, menjaga kesehatan, imun, multivitamin, kesehatan

Created: Thursday, 20 December 2018 09:25
Published: Thursday, 20 December 2018 09:25