Oleh : Imelda Y. Poluan
Apa kabar wanita Indonesia? Masih sehatkah Anda hari ini? Sebagai  wanita, sosok yang sering dituntut untuk melakukan pekerjaan multitasking, sangat perlu menjaga kesehatan. Oleh karena itu, kesehatan harus menjadi prioritas utama.

Sebuah studi menemukan bahwa ada beberapa penyakit yang memang lebih sering dialami wanita dibandingkan pria. Hal ini bisa disebabkan oleh faktor perubahan hormonal, komposisi tubuh, dan gangguan pola makan pada wanita. Lantas, apa saja penyakit atau masalah kesehatan  yang lebih sering menyerang wanita? Simak dibawah ini:

1. Kanker Payudara
Kanker ini identik dengan wanita, walaupun tidak menutup kemungkinan dapat juga menyerang kaum pria. Kanker payudara muncul ketika sel-sel kanker tumbuh dari jaringan payudara yang meliputi kelenjar susu dan saluran payudara, beserta lemak dan jaringan ikat. Tanda awal yang perlu diwaspadai adalah timbulnya benjolan pada payudara. Oleh karena itu, penting bagi kita  melakukan deteksi dini payudara dengan SADARI (periksa payudara sendiri) dan SADANIS (periksa payudara klinis).

2. Kanker Serviks
Kanker serviks adalah salah satu jenis kanker yang paling mematikan pada wanita, selain kanker payudara. Gejala awal kanker serviks seringkali samar, sehingga banyak wanita yang terlambat menyadarinya. Pemeriksaan kesehatan secara berkala seperti pap smear, dapat mengurangi resiko terkena kanker serviks. Salah satu upaya pencegahan yang dapat kita lakukan adalah pemberian vaksin HPV.

3. Stress
Wanita ternyata  memiliki risiko dua kali lipat lebih besar mengalami stress. Alasan biologis mungkin menjadi penyebab utama. Dimana selama menstruasi, melahirkan, dan monopause, wanita mengalami fluktuasi hormon yang mempengaruhi mood. Disamping peran wanita yang harus bisa menangani banyak hal secara bersamaan. Jangan biarkan stress berlangsung lama, karena akan berkembang menjadi depresi ataupun kerusakan mental yang lebih parah.

4. Kesehatan Reproduksi
Perempuan memiliki sistem reproduksi yang unik dan kompleks. Sayangnya, hal ini disertai pula dengan risiko penyakit yang mengintai kaum perempuan. Organ reproduksi berperan penting terhadap kesuburan dan kesehatan, serta merupakan bagian yang paling rentan terinfeksi maupun terluka. Karena itu penting wanita untuk selalu menjaga kesehatan sistem reproduksinya. Ketika seorang wanita bermasalah pada sistem reproduksi mereka, maka hal yang harus segera dilakukan adalah berkonsultasi dengan dokter. Makin cepat masalah di atas ditangani, maka makin besar kemungkinan untuk bisa mengatasi penyakit-penyakit tersebut.

5. Penyakit Autoimun
Penyakit autoimun adalah gangguan kesehatan dimana sistem kekebalan tubuh, yang seharusnya memerangi infeksi, justru menyerang sel-sel sehat dalam tubuh. Akibatnya, muncul lah berbagai penyakit yang cukup serius. Lupus, multiple sclerosis, rematik, dan psoriasis, merupakan beberapa jenis penyakit autoimun. Penyebab penyakit ini belum diketahui secara pasti, tapi faktor genetik, hormon, infeksi, serta pengaruh lingkungan dipercaya sebagai penyebab utamanya.

Melihat hal tersebut diatas, maka kita sebagai wanita harus lebih memperhatikan kondisi kesehatan sendiri. Disarankan bagi setiap wanita untuk memeriksakan kesehatannya secara berkala. Ketika menemukan tanda-tanda ketidaknormalan, maka ada baiknya langsung melakukan pemeriksaan ke dokter. Tujuannya untuk mendapatkan diagnosis dan pengobatan secepatnya bila ternyata berisiko mengalami kondisi serius. Jangan sampai terlambat dalam penanganannya ya.

Konsumsi Herbal SoMan 5 tetes, 3 kali sehari untuk memelihara daya tahan tubuh, dan 10 tetes, 3 kali sehari untuk membantu mempercepat proses pemulihan penyakit. (MR)

Penyakit diabetes dapat menyebabkan komplikasi seperti impotensi, jantung, stroke, gangguan ginjal, kerusakan syaraf, luka diabetes, hingga berujung amputasi. Hasil Uji Klinik SoMan di UGM menunjukkan, obat herbal SoMan dapat membantu menurunkan kadar gula darah dan penyakit penyerta, sehingga direkomendasikan sebagai obat untuk penyakit diabetes
soman, obat herbal, obat herbal diabetes, herbal soman, hidup sehat,penyakit diabetes, obat diabetes, jamu tetes, daya tahan tubuh, menjaga kesehatan, imun, multivitamin, kesehatan

Created: Wednesday, 09 January 2019 09:25
Published: Wednesday, 09 January 2019 09:25