Vilinsianus Balang,S.Farm.,Apt

Bagi penderita Diabetes, selain menjaga pola makan untuk menjaga kadar gula darah tetap stabil, merawat kesehatan kaki juga sangatlah penting. Karena jika kaki penderita tidak dirawat dengan baik, bila mendapat luka, bisa saja dapat berujung pada amputasi.

Diabetes mellitus atau kencing manis merupakan penyakit metabolik yang terjadi karena kadar gula dalam darah meningkat atau melebihi batas normal. Diabetes yang tidak terkontrol dengan baik akan menyebabkan komplikasi, salah satunya berupa luka/ulkus diabetes. Penyebab luka diabetes itu sendiri akibat ganguan pembuluh darah di kaki, gangguan syaraf di kaki, dan adanya infeksi. Faktor lain yang bisa menyebabkan luka diabetes berupa kapalan, mata ikan dan kulit kaki yang melepuh, ada juga akibat cantengan, penyakit kulit dan kutil pada kaki.

Karena penderita diabetes melitus lebih rentan mengalami masalah kaki, ketahui cara perawatan untuk menghindari terjadinya luka diabetes.

1. Membersikan kaki setiap hari dengan air bersih dan menggunakan sabun.
2. Berikan pelembab pada kaki yang kering agar kulit kaki tidak menjadi retak. Jangan gunakan di sela-sela jari, karena akan membuat lembab dan timbulnya jamur, yang malah akan membuat komplikasi luka pada kaki.
3. Gunting kuku kaki lurus mengikuti bentuk normal jari kaki. Tidak terlalu dekat dengan kulit kaki untuk menghindari terjadinya luka, setelah itu kuku di kikir agar tidak tajam.
4. Gunakan alas kaki yang empuk dan tebal agar memberikan kenyamanan bagi kaki dan terhindar dari luka pada kaki.
5. Periksa sepatu sebelum di pakai untuk menghindari benda- benda seperti kerikil, benda- benda tajam seperti jarum dan duri.
6. Bila terjadi luka kecil dalam kegiatan sehari- hari segera obati luka tersebut tutup dengan kain atau kasa bersih.
7. Segera kontrol ke dokter jika terjadi luka untuk mendapat tindakan lanjutan.
8. Melakukan senam kaki, Senam kaki ini dilakukan untuk mengatur peredaran darah agar terhindar dari kerusakan pembuluh darah dan kerusakan syaraf.

Selain itu ada juga beberapa hal yang perlu penderita diabetes hindari, seperti :
1. Jangan merendam kaki karena akan membuat kulit kaki mudah terkelupas dan lembab, terutama di sela- sela jari rentan sekali tumbuh jamur.
2. Jangan mengunakan botol panas atau alat elektrik panas untuk memanaskan kaki, karena justru panas tersebut yang akan merusak jaringan pada kaki, terutama pembuluh darah dan syaraf.
3. Jangan mengunakan batu atau silet untuk mengilangkan kapalan, karena benda-benda tajam tersebut akan membuat luka diabetes.
4. Jangan merokok, kandungan rokok akan memperparah kondisi penderita diabetes, karena akan mempengaruhi insulin dalam penyerapan gula.

Herbal SoMan yang terbuat dari 39 bahan alam, terdiri dari buah, sayur, dan rempah pilihan, sudah teruji klinis efektif membantu menurunkan kadar gula darah pada pasien diabetes. SoMan bersinergi dengan sistem sirkulasi aliran darah seseorang sehingga orang yang tidak mengidap diabetes tetap akan aman mengonsumsinya,tanpa mengalami hipoglikemia (gula darah drop). SoMan tak hanya membantu proses penyembuhan dari dalam, tapi juga membantu proses penyembuhan luka, seperti luka gangren akibat diabetes. Dalam SoMan terdapat kandungan vitamin K sebagai faktor pembekuan darah sehingga menunjang proses penyembuhan luka.

Konsumsi Herbal SoMan 5 tetes, 3 kali sehari untuk memelihara daya tahan tubuh, dan 10 tetes, 3 kali sehari untuk membantu mempercepat proses pemulihan penyakit. (MR)

Penyakit diabetes dapat menyebabkan komplikasi seperti impotensi, jantung, stroke, gangguan ginjal, kerusakan syaraf, luka diabetes, hingga berujung amputasi. Hasil Uji Klinik SoMan di UGM menunjukkan, obat herbal SoMan dapat membantu menurunkan kadar gula darah dan penyakit penyerta, sehingga direkomendasikan sebagai obat untuk penyakit diabetes
soman, obat herbal, obat herbal diabetes, herbal soman, hidup sehat,penyakit diabetes, obat diabetes, jamu tetes, daya tahan tubuh, menjaga kesehatan, imun, multivitamin, kesehatan

Created: Wednesday, 16 January 2019 09:25
Published: Wednesday, 16 January 2019 09:25