Oleh: Vilinsianus Balang,S.Farm.,Apt

Demam Berdarah Dengue (DBD) merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus dengue yang disebarkan oleh nyamuk Aedes Aegypti. Kasus penyakit DBD saat ini dilaporkan meningkat. Salah satunya disebabkan musim penghujan yang membuat nyamuk berkembangbiak lebih cepat. DBD termasuk salah satu emerging diseases yang hingga saat ini masih menjadi masalah kesehatan masyarakat karena belum ditemukan obatnya.

Ada beberapa gejala seseorang terkena DBD yang perlu Anda perhatikan agar kondisi tidak memburuk.

1. Demam Tinggi
Banyak orang mengangap demam yang mereka alami merupakan demam biasa. Ketidaktauan ini membuat virus dengue menyerang tubuh lebih parah. Demam DBD biasanya timbul secara mendadak 40ºC selama 2-7 hari.

2. Sakit Kepala dan Nyeri Otot
Sakit kepala lebih banyak terasa pada dahi bahkan terasa sampai belakang mata. Selain itu, Anda akan merasakan nyeri pada bagian sendi dan otot. Kondisi ini kadang membuat pasien menggigil dan berkeringat.

3. Mual, Muntah dan Tubuh Terasa Lelah.
Demam berdarah juga bisa menyebabkan gangguan pencernaan, seperti mual dan muntah. Perut dan punggung juga tidak tidak nyaman. Kondisi ini biasanya terjadi selama dua sampai empat hari. Semua gejala yang terjadi pada pasien akan membuat nafsu makan menurun. Akibatnya, pasien akan merasakan tubuhnya lelah karena sistem kekebalan tubuh yang mulai melemah dan kurangnya asupan nutrisi.

4. Ruam Merah Pada Kulit
Ini merupakan gejala khas dari penyakit DBD dan sudah masuk dalam fase kritis. Ruam merah ini biasanya terdapat pada kulit tangan, kaki dan muka.

5. Terjadi Pendarahan
Selain ruam, DBD sudah mulai masuk ke fase yang serius jika terjadi perdarahan, seperti mimisan atau gusi berdarah. Kondisi ini bisa bertambah parah dan menyebabkan komplikasi, seperti rusaknya kelenjar getah bening dan pembuluh darah, pembesaran hati, dan gagal beredarnya sistem peredaran darah.

Meski demikian, kondisi tersebut dapat dicegah jika kita menutup sumber-sumber perkembangbiakan nyamuk Aedes Aegypti. Seperti genangan air pada lingkungan rumah, menguras dan menyikat bak mandi, serta menaburkan bubuk abate ke tempat yang ada genangan air. Selain itu beberapa hal yang bisa dilakukan untuk pencegahan DBD:

Pertama, hindari gigitan nyamuk yang membawa virus dengue. Caranya dengan memakai pakaian yang tertutup seperti baju lengan panjang, celana panjang dan kaos kaki.

Kedua, yang yang bisa dilakukan adalah dengan mengunakan lotion anti nyamuk. Ada banyak lotion anti nyamuk yang dipasarkan sekarang atau bisa juga mengunakan lotion anti nyamuk alami, seperti minyak lavender, kayu manis,  tea tree, thyme, geraniol, citronella, serta campuran lemon dan eucalyptus.

Ketiga, gunakan jaring nyamuk atau kelambu pada saat tidur. Ini akan membantu terhindar dari gigitan nyamuk pada saat tidur.

Selalu jaga kesehatan serta kebersihan lingkungan, serta penuhi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh agar daya tahan tubuh tetap terjaga. Rutin minum Herbal SoMan 10 tetes sebelum makan untuk menjaga daya tahan tubuh dan membantu mempercepat proses penyembuhan.

Penyakit diabetes dapat menyebabkan komplikasi seperti impotensi, jantung, stroke, gangguan ginjal, kerusakan syaraf, luka diabetes, hingga berujung amputasi. Hasil Uji Klinik SoMan di UGM menunjukkan, obat herbal SoMan dapat membantu menurunkan kadar gula darah dan penyakit penyerta, sehingga direkomendasikan sebagai obat untuk penyakit diabetes
soman, obat herbal, obat herbal diabetes, herbal soman, hidup sehat,penyakit diabetes, obat diabetes, jamu tetes, daya tahan tubuh, menjaga kesehatan, imun, multivitamin, kesehatan

Created: Friday, 18 January 2019 09:25
Published: Friday, 18 January 2019 09:25