Yakin sistem imunitas Anda sudah baik? Bila masih sering sakit-sakitan, itu tandanya sistem kekebalan tubuh Anda masih lemah. Sistem kekebalan tubuh yang rendah dapat menyebabkan...

Oleh: Vilinsianus Balang, S.Farm, Apt.

Yakin sistem imunitas Anda sudah baik? Bila masih sering sakit-sakitan, itu tandanya sistem kekebalan tubuh Anda masih lemah. Sistem kekebalan tubuh yang rendah dapat menyebabkan berbagai penyakit mudah masuk kedalam tubuh.

Banyak penyakit yang dapat dihindari apabila sistem imun atau kekebalan tubuh kita kuat. Jika sistem imun kuat, tubuh memiliki ‘senjata’ untuk melawan virus, bakteri, dan mikroorganisme penyebab penyakit. Namun terkadang sistem imun tidak dapat bekerja optimal karena pengaruh buruk lingkungan dan gaya hidup tidak sehat.

Anda yang masih sehat atau mungkin sudah terinfeksi penyakit, penting sekali untuk menjaga kekebalan tubuh. Berikut, beberapa tips sederhana untuk membentuk kekebalan tubuh jadi lebih kuat secara alami:
1. Beristirahat. Tidur cukup setiap hari penting untuk mendapatkan sistem kekebalan tubuh yang kuat. Tidur dapat memperbaiki suasana hati, meningkatkan kapasitas memori, mencegah peradangan, memiliki berat badan yang ideal, dan mengurangi stres.
2. Minum banyak air. Air putih dapat mendetoksifikasi atau membuang racun dalam tubuh secara alami dan menguatkan sistem kekebalan tubuh.
3. Jaga asupan gizi. Hidangkan buah dan sayur dalam menu harian Anda. Di dalam bahan-bahan alam tersebut terdapat banyak kandungan antioksidan, vitamin, mineral, serat, enzim, serta manfaat lainnya untuk menjaga daya tahan tetap kuat.
4. Olahraga ringan secara rutin. Anda bisa melakukan jalan santai, jogging, berenang, atau yoga.
5. Batasi konsumsi gula. Asupan gula untuk orang dewasa dibatasi hanya 50 gram saja. Kelebihan gula dapat mengganggu sistem kekebalan tubuh.
6. Hindari alkohol dan batasi konsumsi produk berbasis kafein.

Selain cara alami diatas, kekebalan tubuh juga dapat dibentuk secara buatan. Kekebalan buatan adalah suatu bentuk kekebalan tubuh yang sengaja dibuat atau ditumbuhkan melalui pemberian vaksin. Vaksin adalah bibit penyakit (kuman/antigen) yang telah dilemahkan. Proses pemberian vaksin dalam tubuh disebut vaksinasi.

Misal, jika menginginkan tubuh memproduksi antibodi tetanus, maka seseorang dapat disuntik bakteri tetanus yang telah dilemahkan. Vaksin tetanus yang masuk tersebut akan dianggap tubuh sebagai antigen sehingga tubuh akan memproduksi antibodi. Akibatnya tubuh menjadi kebal terhadap tetanus jika suatu saat penyakit tersebut menyerang. Kekebalan yang dibuat oleh tubuh dengan pemberian vaksin ini dinamakan kekebalan buatan dan termasuk kekebalan aktif karena tubuh membentuk antibodi sendiri.

Cara lain untuk menumbuhkan kekebalan pada tubuh adalah dengan menyuntikkan serum. Serum adalah plasma darah yang telah mengandung antibodi untuk melawan antigen tertentu. Umumnya pemberian serum dilakukan untuk pengobatan dan bukan pencegahan. Misalnya seseorang yang digigit ular berbisa ditolong dengan menyuntikkan serum anti bisa ular. Pemberian serum seperti ini disebut dengan kekebalan pasif karena tubuh tidak membentuk antibodi sendiri.

Semua langkah untuk membuat tubuh menjadi kebal (imun) baik dengan vaksinasi maupun pemberian serum seperti di atas disebut dengan imunisasi.
Untuk memperkuat daya tahan tubuh, Anda juga bisa menambahkan Herbal SoMan atau Sozo Formula Manggata 1 sebagai pelengkap nutrisi harian karena mengandung multivitamin (A,C,E,K), omega (3,6,9), asam amino essesial dan non-essensoal, serta mineral.

Herbal SoMan diformulasikan dari campuran 39 jenis bahan alam, terdiri dari 18 buah, 14 sayur, dan 7 rempah: misalnya buah merah, bawang putih, seledri, yang sudah dikenal memiliki kemampuan melawan virus dan bakteri berbahaya bagi tubuh sehingga baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan direkomendasikan untuk pendamping pengobatan.

Konsumsi Herbal SoMan setiap hari dengan dosis 5 tetes 3x sehari untuk menjaga daya tahan, atau 7-10 tetes 3x sehari untuk membantu mempercepat proses pemulihan penyakit.

Penyakit diabetes dapat menyebabkan komplikasi seperti impotensi, jantung, stroke, gangguan ginjal, kerusakan syaraf, luka diabetes, hingga berujung amputasi. Hasil Uji Klinik SoMan di UGM menunjukkan, obat herbal SoMan dapat membantu menurunkan kadar gula darah dan penyakit penyerta, sehingga direkomendasikan sebagai obat untuk penyakit diabetes
soman, obat herbal, obat herbal diabetes, herbal soman, hidup sehat,penyakit diabetes, obat diabetes, jamu tetes, daya tahan tubuh, menjaga kesehatan, imun, multivitamin, kesehatan