Di Indonesia ada mitos seputar nasi. Katanya, belum kenyang kalau belum makan nasi. Nasi memang menjadi makanan favorit bagi orang Indonesia.

Oleh: Oleh: Sutar, S.Farm.,Apt.
Di Indonesia ada mitos seputar nasi. Katanya, belum kenyang kalau belum makan nasi. Nasi memang menjadi makanan favorit bagi orang Indonesia. Mungkin Anda salah satunya. Tapi sayangnya, nasi dapat menjadi ancaman bagi penderita diabetes, terutama nasi putih karena mengandung nilai indeks glikemik sangat tinggi sehingga memicu diabetes.

Dalam satu cangkir beras yang dimasak terkandung 200 kalori. Ketika masuk kedalam tubuh karbohidrat dalam nasi akan dipecah menjadi glukosa (gula darah). Apabila tidak dibakar saat proses metabolisme maka akan menumpuk menjadi lemak.

Hal lain yang perlu Anda tahu dan perhatikan adalah apabila Anda mengolahnya dengan cara yang salah, malah akan memperburuk kondisi diabetes atau memicu diabetes pada individu normal. Berikut cara memasak nasi yang menyehatkan :
1. Didalam nasi yang tidak matang atau setengah matang terdapat sebuah bakteri yaitu Bacillus cereus yang menjadi peyebab keracunan makanan. Untuk itu masaklah nasi sampai matang.

2. Dikukus atau digoreng? Ya, nasi goreng memang menjadi primadona utama bagi masyarakat Indonesia. Tapi tahukah Anda bahwa nasi goreng tidak lebih sehat dari nasi kukus. Nasi yang asalnya dari beras akan mengalami perubahan kimia saat dimasak. Cara memasak nasi dengan dikukus akan lebih baik dibandingkan nasi yang diproses dengan cara digoreng. Nasi goreng akan membutuhkan waktu yang lama bagi tubuh untuk diubah menjadi glukosa sehingga meningkatkan kalori, obesitas, serta diabetes.

3. Cobalah untuk menambahkan bumbu untuk mengurangi kalori. Berdasarkan penelitian Chemical Science Sri Lanka dikatakan bahwa mencampur nasi dengan minyak kelapa saat dimasak dapat menurunkan kalori. Tambahkan satu sendok teh minyak kelapa ketika nasi mendidih lalu biarkan sampai 40 menit atau sampai matang. Setelah matang masukan kedalam kulkas selama 12 jam dan Anda bisa memasaknya kembali atau cukup dipanaskan.
Hal tersebut terjadi karena minyak akan masuk ke dalam granul nasi ketika dimasak sehingga mengubah struktur nasi menajdi lebih resisten terhadap enzim pencernaan, dengan demikian sedikit kalori yang dapat diserap tubuh.

Semoga bermanfaat!
Sumber : CBS News

Penyakit diabetes dapat menyebabkan komplikasi seperti impotensi, jantung, stroke, gangguan ginjal, kerusakan syaraf, luka diabetes, hingga berujung amputasi. Hasil Uji Klinik SoMan di UGM menunjukkan, obat herbal SoMan dapat membantu menurunkan kadar gula darah dan penyakit penyerta, sehingga direkomendasikan sebagai obat untuk penyakit diabetes
soman, obat herbal, obat herbal diabetes, herbal soman, hidup sehat,penyakit diabetes, obat diabetes, jamu tetes, daya tahan tubuh, menjaga kesehatan, imun, multivitamin, kesehatan