Dunia sedang menghadapi ledakan penderita diabetes. Kini, penyakit diabetes tidak hanya didominasi kalangan usia tua, melainkan

Oleh: Vilinsianus Balang, S.Farm., Apt

Dunia sedang menghadapi ledakan penderita diabetes. Kini, penyakit diabetes tidak hanya didominasi kalangan usia tua, melainkan juga banyak dari usia muda bahkan sejak anak-anak sudah terdiagnosa diabetes. Selain rusaknya organ pankreas, penyebab diabetes tak lain karena pola makan tidak sehat dan kurangnya aktivitas fisik.

Diabetes terjadi jika tubuh tidak menghasilkan insulin yang cukup untuk mempertahankan kadar gula darah yang normal atau jika sel tidak memberikan respon yang tepat terhadap insulin. Semakin tinggi kadar glukosa dalam darah, maka akan meningkatkan risiko terkena penyakit penyerta, dari gangguan mata, jantung, ginjal, serta kaki diabetes (gangren) yang sering kali harus diamputasi. Oleh karena itu, penting bagi para pasien diabetes untuk menjaga gula darah tetap stabil sehingga penyakit ini bisa dikendalikan.

Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan agar Anda bisa terhindar dari vonis diabetes:

1. Periksa tanda-tanda pada tubuh
Penderita diabetes lebih mudah terluka terutama pada daerah tubuh yang lembab. Sebelum atau setelah mandi, periksalah tubuh Anda untuk tanda-tanda seperti kulit kering, nyeri, kemerahan, terutama di beberapa daerah umum seperti ketiak, bawah payudara, dan antara kaki dan jari kaki.

2. Selalu gunakan alas kaki
Penderita diabetes sangat rentan mengalami luka diabetes, terutama di bagian kaki. Oleh karena itu, Anda perlu melindungi kaki setiap kali pergi keluar.

3. Cek gula darah
Memeriksakan gula darah dapat membantu Anda untuk untuk memonitor kadar gula darah dalam tubuh Anda agar tidak keluar dari batas normal. Kadar gula darah Anda dikatakan terlalu tinggi jika melebihi angka 200 mg/dL.

4. Hindari makanan tinggi gula
Menghindari konsumsi makanan manis secara berlebihan dapat membantu menjaga gula darah tetap di bawah 70 mg/dL. Anda mungkin akan merasa pusing, lapar atau tidak nyaman karena telah terbiasa makan makanan manis, tetapi hal ini penting untuk menjaga gula darah tetap normal.

5. Mengonsumsi makanan ber- indeks glikemik rendah
Makanan dengan indeks glikemik yang tinggi akan meningkatkan gula darah secara cepat. Perbanyaklah makan makanan alami seperti buah dan sayuran dan hindari makanan bertepung.

6. Lebih banyak minum air putih
Gula darah tinggi sangat berkaitan dengan hidrasi. Anda perlu mengisi cairan tubuh yang hilang dengan sering minum air. Dan lagi tubuh membutuhkan banyak air untuk mengeluarkan gula darah yang tinggi melalui ginjal.

7. Rutin berolahraga
Lakukan olahraga kurang lebih selama 30 menit sampai 60 menit saja. Olahraga yang baik untuk penderita diabetes seperti: jogging, berenang, jalan cepat, senam, atau bersepeda. Hindari olahraga yang ritmenya tidak stabil karena hanya akan membebani fungsi jantung.

Terapkanlah pola hidup sehat sejak muda agar tubuh selalu prima dan terbebas dari masalah kesehatan. Tambahkan juga Herbal SoMan yang mengandung multivitamin (A,C,E,K), omega (3,6,9), mineral, EPA, DHA, dan zat bermanfaat lainya.

Dengan campuran 39 bahan alam yang terdiri dari bermacam buah, sayur-sayuran, dan aneka rempah, Herbal SoMan dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan membantu mempercepat proses pemulihan kesehatan. Menurut uji klinik yang telah dilakukan, konsumsi Herbal SoMan secara rutin sebelum makan, 10 tetes 3 kali sehari dapat membantu menurunkan kadar gula darah puasa pada pasien diabetes tipe 2.

 

Penyakit diabetes dapat menyebabkan komplikasi seperti impotensi, jantung, stroke, gangguan ginjal, kerusakan syaraf, luka diabetes, hingga berujung amputasi. Hasil Uji Klinik SoMan di UGM menunjukkan, obat herbal SoMan dapat membantu menurunkan kadar gula darah dan penyakit penyerta, sehingga direkomendasikan sebagai obat untuk penyakit diabetes
soman, obat herbal, obat herbal diabetes, herbal soman, hidup sehat,penyakit diabetes, obat diabetes, jamu tetes, daya tahan tubuh, menjaga kesehatan, imun, multivitamin, kesehatan