Tuesday, 07 November 2017 00:00

Awas, Gangguan Tiroid Mengancam Kesehatan

Rate this item
(3 votes)

Oleh : Ariana Dewi,S.Gz

Luput dari perhatian, ternyata kelenjar tiroid punya peran penting untuk kesehatan kita. Kelenjar terbesar di leher ini bertugas meningkatkan aktivitas metabolisme hampir di seluruh jaringan tubuh. Bila terjadi gangguan pada kelenjar ini, akan memengaruhi kerja sel tubuh.

Karena fungsinya yang penting, kelenjar tiroid rentan terserang berbagai gangguan yang dapat merugikan, bahkan membahayakan kesehatan. Harus seimbang merupakan kata kunci kerja kelenjar tiroid yang sehat. Jadi, tinggi atau rendahnya produksi hormon yang dihasilkan dari kelenjar tiroid sama-sama menimbulkan berbagai gangguan, termasuk pada proses pertumbuhan dan perkembangan.

Terlalu berlebihan atau kekurangan produksi hormon tiroid sama-sama menimbulkan berbagai gangguan, antara lain ditandai dengan pembesaran kelenjar (goiter). Masyarakat kerap menyebutnya sebagai gondok. Menurut Imam, gangguan tiroid kadang tidak terdiagnosis sehingga dialami penderita bertahun-tahun.

Banyak penderita yang menyepelekan gejala gangguan tiroid. Karena bagi sebagian orang yang sedang dalam kondisi stres, gejalanya memang terasa biasa, seperti sakit kepala, gemetaran, mudah marah, serta berat badan menurun.

Berikut sejumlah dampak dari gangguan tiroid:
1. Gangguan Tidur
Kelenjar tiroid yang tidak normal akan membuat perubahan pada pola tidur. Keluhan seperti insomnia akan dirasakan pada penderita gangguan tiroid.

2. Kerja Usus Tidak Normal
Usus sama pentingnya dengan kerja kelenjar tiroid. Hormon tiroid merangsang motilitas usus, yang dapat meningkatkan motilitas dan diare pada hipertiroidisme dan juga memperlambat transit usus serta konstipasi.

3. Berkeringat Secara Berlebihan
Gangguan kelenjar tiroid dapat menimbulkan keringat berlebih. Gejala lain yang mungkin dapat ditemukan adalah tremor atau munculnya biduran.

4. Gangguan Sistem Imun
Kekebalan tubuh yang menurun akan menghancurkan kelenjar tiroid secara perlahan-lahan sehingga kemampuan alaminya dalam memproduksi hormon kian menurun.

Agar kita terhindar dari gangguan tiroid sebaiknya iringi dengan rutinitas yang memberikan efek baik bagi tubuh, seperti :
1. Olahraga Secara Rutin
Olahraga secara teratur menjadi salah satu cara menghindari gangguan kelenjar tiroid.

2. Istirahat Cukup
Istirahat jangan terlalu berlebihan dan jangan kurang. Istirahat cukup tidak hanya tidur, tapi juga bisa dengan bersantai. Mulai sekarang, perbanyaklah waktu istirahat.

3. Konsumsi Makanan  Bergizi
Tanpa keseimbangan nutrisi yang tepat, tiroid tidak bisa berfungsi dengan baik. Cukupi kebutuhan gizi, seperti mengonsumsi makanan tinggi vitamin, mineral, dan juga asupan cairan.

Tingkatkan konsumsi sayuran dan buah dalam menu makanan. Makanan kaya antioksidan sangat baik untuk pencegahan gangguan tiroid karena dapat membantu melancarkan sistem metabolisme.

Cukupi kebutuhan gizi Anda dengan menambahkan Herbal SoMan yang mengandung vitamin, mineral, dan antioksidan, untuk membantu tubuh dalam melawan gangguan tiroid.

SoMan telah lama dikenal sebagai herbal yang diperoleh dari proses ekstraksi 39 bahan alam, terdiri dari 18 macam buah, 14 sayur-sayuran, dan 7 aneka rempah terpilih. Diantaranya mengkudu, manggis, pisang goroho, buah maja, buah merah, buah naga, umbi manggata, seledri, sawi putih, rosella, temu putih, kayu manis, anggur, pepaya, dan masih banyak lagi.

Anda bisa mengonsumsi Herbal SoMan, 7 tetes tiga kali sehari untuk meningkatkan daya tahan. Dengan dosis 10 tetes tiga kali sehari untuk membantu mempercepat proses penyembuhan suatu penyakit.

Penyakit diabetes dapat menyebabkan komplikasi seperti impotensi, jantung, stroke, gangguan ginjal, kerusakan syaraf, luka diabetes, hingga berujung amputasi. Hasil Uji Klinik SoMan di UGM menunjukkan, obat herbal SoMan dapat membantu menurunkan kadar gula darah dan penyakit penyerta, sehingga direkomendasikan sebagai obat untuk penyakit diabetes
soman, obat herbal, obat herbal diabetes, herbal soman, hidup sehat,penyakit diabetes, obat diabetes, jamu tetes, daya tahan tubuh, menjaga kesehatan, imun, multivitamin, kesehatan

Read 618 times