Monday, 06 November 2017 00:00

Bawang Putih Tak Sekedar Bumbu, Ini Segudang Manfaatnya!

Rate this item
(5 votes)

Oleh : Ariana Dewi,S.Gz

Meski bisa membuat napas kurang sedap, ternyata bawang putih memiliki segudang manfaat yang sayang untuk Anda lewatkan begitu saja.

Banyak ramuan tradisional yang melibatkan bawang putih sebagai salah satu bahan bakunya. Selain mampu memberikan citarasa yang sempurna dalam masakan, bawang putih telah lama dipercaya berkhasiat untuk pengobatan. Khasiat bawang putih dapat dimaksimalkan jika dikonsumsi mentah karena memasaknya terlalu matang dapat menghancurkan kandungannya yang penting. Berikut kandungan gizi dalam tiap 100 gram bawang putih:
Karbohidrat : 33,06 gr
Lemak total : 0,5 gr
Kolesterol : 0 mg
Serat : 2,1 gr
Natrium : 153 mg
Kalium : 401 mg
Vitamin C : 31,2 mg
Vitamin E : 0,08 mg
Kalsium : 181 mg

Hasil penelitian yang diterbitkan oleh Journal of Agricultural and Food Chemistry menyebutkan bahwa diallyl trisulfida, senyawa alami dari minyak bawang putih dapat mencegah kerusakan sel jantung dan dipercaya sebagai pengobatan untuk pasien gagal jantung. Bahkan mengonsumsi bawang putih dalam keadaan mentah, paling tidak dua kali seminggu, berpotensi menurunkan risiko kanker paru-paru.

Selain penyakit diatas, bawang putih juga disinyalir sebagai alternatif dalam menurunkan tekanan darah tinggi. Adapun alicin, senyawa aktif pada bawang putih yang diyakini mampu menurunkan hipertensi dan bertanggungjawab atas aroma khas bawang putih. Manfaat allicin bisa didapatkan secara maksimal jika bawang putih dikonsumsi dalam keadaan mentah, dengan ditumbuk atau dipotong terlebih dahulu.

Bawang putih segar yang digerus mempunyai sifat antimikroba, yaitu dapat menghambat pertumbuhan bakteri Aspergillus spp. Keunggulan allicin yang lain ialah kemampuannya dalam menghambat enzim-enzim tertentu seperti sistein proteinase dan alkohol dehidrogenase. Menurut The American Heart Association, konsumsi bawang putih secara teratur dapat mengurangi trigliserida dan tingkat kolesterol dalam darah, seperti yang terjadi pada penderita penyakit jantung, karena bawang putih bekerja sebagai antikoagulan darah alami.

Bagi Anda yang mungkin tidak tahan mengonsumsinya secara mentah, Anda bisa mendapatkan manfaat bawang putih dalam Herbal SoMan. Herbal SoMan terbuat dari 39 macam bahan alam pilihan, yaitu 18 sayur, 14 buah, dan 7 rempah, diantaranya: bawang putih, jinten hitam, manggis, buah merah, terong ungu, bayam, dan masih banyak lagi. Herbal SoMan dikemas dalam ukuran praktis 15 ml, sehingga mudah dibawa kemana-mana, dalam kondisi apapun.
Bila perlu tambahkan Herbal SoMan untuk melengkapi nutrisi harian Anda, karena Herbal Soman memiliki kandungan lengkap multivitamin (A,C,E,K), mineral, omega (3,6,9), asamino essensial & non essensial, yang sangat baik untuk pemeliharaan kesehatan.

Penyakit diabetes dapat menyebabkan komplikasi seperti impotensi, jantung, stroke, gangguan ginjal, kerusakan syaraf, luka diabetes, hingga berujung amputasi. Hasil Uji Klinik SoMan di UGM menunjukkan, obat herbal SoMan dapat membantu menurunkan kadar gula darah dan penyakit penyerta, sehingga direkomendasikan sebagai obat untuk penyakit diabetes
soman, obat herbal, obat herbal diabetes, herbal soman, hidup sehat,penyakit diabetes, obat diabetes, jamu tetes, daya tahan tubuh, menjaga kesehatan, imun, multivitamin, kesehatan

Read 762 times