Tuesday, 20 February 2018 00:00

Buah dan Sayur ini Ternyata Mengandung Nikotin

Rate this item
(1 Vote)

Interesting blog? Like it on Facebook, +1 on Google, Tweet it or share this article on other bookmarking websites.

Oleh : Sutar, S.Farm., Apt

Ketika mendengar kata nikotin, banyak orang langsung memikirkan rokok dan bahayanya. Padahal nikotin tetap aman bila dikonsumsi dalam jumlah wajar, bahkan dapat memberikan manfaat terapi.

Nikotin merupakan senyawa yang dapat membuat kecanduan orang yang mengonsumsinya. Berdasarkan American Heart Association, nikotin sendiri dapat membuat otak berhalusinasi untuk terus menerus mengonsumsinya. Tetapi tak hanya pada rokok, nikotin ternyata juga ada dalam buah dan sayuran. Senyawa alami yang ada dalam tumbuhan ini termasuk kelompok alkaloid. Berikut beberapa sayuran yang juga mengandung nikotin.

1. Terong
Makanan dengan konsentrasi nikotin tinggi terdapat pada terong. Terong mengandung sedikitnya 100ng/g nikotin. Meski begitu, terong memiliki kandungan gizi yang baik, seperti serat, vitamin B1, vitamin B6, dan potasium. Berdasarkan "The Encyclopedia of Healing Foods" oleh Michael T. Murray, keuntungan saat mengonsumsi terong adalah manfaat antioksidannya yang dikenal dengan nasunin. Nasunin dapat menjaga tubuh dari serangan radikal bebas dan membantu  menurunkan kolestrol jahat.

2. Tomat Hijau
Tomat hijau mengandung nikotin sebanyak 42.8 ng/g. Berdasarkan United States Department of Agriculture, tomat hijau juga memiliki sumber gizi yang baik seperti potassium, posfor, vitamin C, asam folat, serta kalsium.

3. Kembang Kol
Kembang kol adalah sayuran lain yang memiliki kandungan nikotin, sebanyak 16,8 ng/g nikotin terdapat dalam kembang kol. Berdasarkan MyHealthyFoods.com, kembang kol memiliki fitonutrien yang baik bagi tubuh, seperti vitamin K, vitamin C, serta serat. Mengonsumsi kembang kol secara berkala dapat menjaga tubuh dari beberapa jenis kanker, membantu detoksifikasi tubuh, dan membantu menyembuhkan penyakit Rheumatoid Athritis.

4. Kentang
Kentang mengandung sekitar 7,1 ng/g nikotin. Berdasarkan Ayushveda.com, kentang memiliki kandungan gizi yang baik, seperti vitmain B6, vitamin A, dan potassium. Kombinasi dari nutrisi yang terdapat pada kentang sangat efektif untuk pencegahan penyakit kardiovaskuler. Orang yang sering mengonsumsi kentang rebus memiliki resiko rendah terhadap penyakit serangan jantung dan hipertensi.

Mitra Sehat, meskipun beberapa sayuran diatas mengandung nikotin, pakar kesehatan menyebutkan bahwa kandungan tersebut tidak akan memberikan dampak buruk bagi kesehatan, sehingga tidak perlu khawatir untuk mengonsumsinya.

Penyakit diabetes dapat menyebabkan komplikasi seperti impotensi, jantung, stroke, gangguan ginjal, kerusakan syaraf, luka diabetes, hingga berujung amputasi. Hasil Uji Klinik SoMan di UGM menunjukkan, obat herbal SoMan dapat membantu menurunkan kadar gula darah dan penyakit penyerta, sehingga direkomendasikan sebagai obat untuk penyakit diabetes
soman, obat herbal, obat herbal diabetes, herbal soman, hidup sehat,penyakit diabetes, obat diabetes, jamu tetes, daya tahan tubuh, menjaga kesehatan, imun, multivitamin, kesehatan

Interesting blog? Like it on Facebook, +1 on Google, Tweet it or share this article on other bookmarking websites.

Read 415 times