Wednesday, 24 January 2018 00:00

Kontroversi Manfaat Air Kencing Unta, Benarkah Berkhasiat?

Rate this item
(1 Vote)

Oleh : Sutar, S.Far,.Apt

Media sosial kini diramaikan dengan video Ketua Gerakan Nasional Pengawal Fatwa Majelis Ulama Indonesia (GNPF MUI), Bachtiar Nasir, saat minum air kencing unta. Air tersebut digadang-gadang berkhasiat menyembuhkan penyakit. Benarkah?

Sebelumnya Dr. Faten Abdel-Rahman Khorsid, staf Universitas King Abdul Aziz yang juga staf Presiden Tissues Culture Unit Pusat Penelitian Medis King Fahd, telah melakukan penelitian mengenai manfaat urin unta yang dapat melawan sel kanker dengan baik.

Ada juga peneliti asal Saudi Arabia, Al-Haidar yang membeberkan penelitiannya mengenai efek urin unta sebagai antiplatelet (pengencer darah). Dalam jurnalnya yang berjudul The antiplatelet activity of camel urine disebutkan hasilnya memang positif memiliki efek terapi pengencer darah.

Disisi lain, sebuah media Amerika US News mengatakan bahwa sebaiknya tidak mengonsumsi air kencing unta sejak munculnya penyakit MERS. Hal ini sependapat dengan WHO yang menyatakan agar masyarakat berhenti minum urin unta. MERS atau Middle East Respiratory Syndrome adalah penyakit saluran pernapasan yang disebabkan oleh virus korona. Kuat dugaan, asal virus korona diduga berasal dari unta yang tinggal di Arab Saudi dan sekitarnya.

Kementerian Kesehatan pun angkat bicara, menyatakan bahwa dari sisi ilmiah dan medis, urin memiliki kandungan berupa zat-zat yang dibuang oleh tubuh. Jika mengonsumsinya secara mentah tentu akan meningkatkan risiko gangguan kesehatan. Karena urin termasuk dalam kotoran yang dibuang oleh tubuh, maka meminumnya hampir sama saja dengan mengonsumsi kotoran.

Hingga sekarang pro dan kontra akan manfaat air kencing unta terus diperdebatkan. Jika Anda ragu akan khasiat kencing unta, sebenarnya masih banyak alternative lainnya untuk menyehatkan tubuh. Minum herbal SoMan salah satunya.

Dengan campuran 39 bahan alam yang terdiri dari bermacam buah, sayur-sayuran, dan aneka rempah, Herbal SoMan dapat membantu menjaga kesehatan. Karena Herbal SoMan mengandung multivitamin (A,C,E,K), omega (3,6,9), mineral, EPA, DHA, dan zat bermanfaat lainya untuk kesehatan tubuh.

Herbal SoMan juga telah mengantongi ijin Badan POM RI dengan nomor POM TR 083 677 661. Serta memiliki sertifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia sehingga aman untuk dikonsumsi.
 

Konsumsi Herbal SoMan secara rutin dengan dosis 7 tetes 3x sehari untuk meningkatkan  daya tahan, atau 10 tetes 3x sehari untuk membantu mempercepat proses pemulihan penyakit.

Penyakit diabetes dapat menyebabkan komplikasi seperti impotensi, jantung, stroke, gangguan ginjal, kerusakan syaraf, luka diabetes, hingga berujung amputasi. Hasil Uji Klinik SoMan di UGM menunjukkan, obat herbal SoMan dapat membantu menurunkan kadar gula darah dan penyakit penyerta, sehingga direkomendasikan sebagai obat untuk penyakit diabetes
soman, obat herbal, obat herbal diabetes, herbal soman, hidup sehat,penyakit diabetes, obat diabetes, jamu tetes, daya tahan tubuh, menjaga kesehatan, imun, multivitamin, kesehatan

Read 427 times