Wednesday, 20 December 2017 00:00

Sarapan Sehat 2018, Lebih Baik Susu atau Jus Jeruk?

Rate this item
(1 Vote)

Oleh: Sutar, S.Farm., Apt

Sarapan sangat wajib dilakukan sebelum beraktivitas. Namun, saking sibuknya banyak orang yang mengisi menu sarapan hanya dengan minuman seperti susu atau jus jeruk.  Lantas, apakah asupan kedua minuman tersebut sudah masuk kategori sarapan?

Nah, berikut fakta yang harus Anda tahu tentang segelas jus jeruk dan susu. Mana yang lebih baik diminum di pagi hari ya?

Pilihan pertama: Jus Jeruk

(+) Satu gelas jus jeruk (200-250 ml) memiliki kalori sekitar 110 kkal dan cukup memenuhi kebutuhan vitamin C untuk sehari. Selain itu antioksidan yang ada didalamnya pun sangat bermanfaat dalam menjaga kesehatan kulit dari sinar matahari dan polusi lingkungan.

(-) Mengonsumsi jus jeruk secara berlebihan dapat merusak enamel atau lapisan luar gigi. Penelitian terbaru yang dilakukan oleh Yanfeng Ren, DDS, associate PhD di University of Rochester Eastman Institute for Oral Health, menemukan bahwa sebanyak 84 % orang yang minum jus jeruk selama lima hari mengalami kerusakan pada enamel gigi. Ternyata minuman buah lain juga memiliki efek yang sama. Sebagian besar jus buah juga memiliki pH dibawah 4 (bersifat asam) untuk mencegah pertumbuhan bakteri secara alami.

Pilihan Kedua : Susu

(+) satu gelas susu mencukupi kebutuhan 20% protein harian tubuh dan mencukupi sepertiga kebutuhan kalsium tulang serta gigi. Ditambah, penelitian terbaru menemukan bahwa orang yang minum susu tiap pagi akan mengurangi rasa ingin makan pada siang hari, karena secara alami proteinnya sudah tercukupi dan faktanya kalsium juga dapat mengatur regulasi hormon yang berperan dalam penurunan berat badan.

(-) Ada beberapa jenis susu yang mengandung lemak jenuh sehingga kemungkinan memiliki resiko terhadap penyakit kardiovaskuler serta diabetes.

Mana yang terbaik?
Pilihlah susu karena lebih aman untuk gigi dan berkalsium tinggi. Susu organik dan rendah lemak mengandung antioksidan 75% lebih tinggi, lebih banyak vitamin E (antioksidan yang dapat meningkatkan sistem imun serta melawan kanker dan penyakit hati), dan asam lemak omega-3.

Walau DR. Ren menyarankan untuk lebih baik mengonsumsi susu dibanding jus karena sifat jus yang korosif terhadap gigi, bukan berarti Anda harus menghindari jus buah sama sekali.

Setelah minum jus, sebaiknya segera berkumur tanpa menyikat gigi. Jika Anda menyikatnya akan membuat lapisan enamel menjadi lunak, maka tunggulah 30 menit sebelum menyikat gigi dan biarkan air ludah mengeraskan gigi.

Jika Anda penyuka jeruk, lebih baik langsung makan buahnya tanpa dibuat jus. Karena vitamin dan nutrisi pada jeruk akan langsung masuk ke tubuh kita. sedangkan jus jeruk biasanya ditambahkan air dan gula lagi. Efeknya pada gigi juga tidak sebesar jus jeruk.

Penyakit diabetes dapat menyebabkan komplikasi seperti impotensi, jantung, stroke, gangguan ginjal, kerusakan syaraf, luka diabetes, hingga berujung amputasi. Hasil Uji Klinik SoMan di UGM menunjukkan, obat herbal SoMan dapat membantu menurunkan kadar gula darah dan penyakit penyerta, sehingga direkomendasikan sebagai obat untuk penyakit diabetes
soman, obat herbal, obat herbal diabetes, herbal soman, hidup sehat,penyakit diabetes, obat diabetes, jamu tetes, daya tahan tubuh, menjaga kesehatan, imun, multivitamin, kesehatan

Read 647 times