Monday, 13 November 2017 00:00

Terlalu Banyak Makan Lemak Bisa Sebabkan Diabetes

Rate this item
(1 Vote)

Oleh: Vilinsianus Balang, S.Farm., Apt

Salah kaprah, jika selama ini Anda mengira penyakit diabetes hanya disebabkan karena konsumsi gula dan makanan serba manis. Faktanya, pola makan tinggi lemak dan kurangnya aktifitas fisik juga menjadi faktor seseorang  rentan terkena diabetes.

Selama ini gula dianggap sebagai musuh utama oleh para penderita diabetes atau yang takut terkena diabetes. Mereka khawatir kadar gula darah meningkat setelah makan atau minum yang manis-manis. Akhirnya, banyak yang benar-benar berhenti mengonsumsi gula agar tidak terjadi hal buruk pada kesehatannya.

Diabetes sendiri tidak semata - mata disebabkan kebanyakan makan gula. Diabetes terjadi karena tubuh tidak cukup menghasilkan insulin atau tidak dapat menggunakan insulin yang ada dengan benar. Insulin bertugas membantu sel tubuh menyerap gula dari karbohidrat yang dikonsumsi sehingga gula tersebut dapat digunakan sel untuk menghasilkan energi atau disimpan dalam tubuh. Ketika terjadi resistensi insulin, otomatis gula akan menumpuk dalam aliran darah dan dalam jangka panjang dapat menyebabkan komplikasi serius.

Tapi tak heran jika diabetes selalu dikaitkan dengan yang manis-manis. Mungkin berpangkal dari kenyataan penderita diabetes harus membatasi asupan gula mereka agar kadar gula darah tetap terkendali. Namun banyak masyarakat yang belum mengetahui, sering mengonsumsi makanan kaya lemak dengan pola hidup kurang beraktivitas fisik juga ikut menyumbang tingginya angka pasien diabetes.

Biasanya, konsumsi tinggi lemak selalu dikaitkan dengan obesitas atau risiko penyakit jantung. Namun hal lain terungkap, terlalu banyak makanan tinggi lemak juga dapat berujung diabetes tipe 2. Pada penderita diabetes tipe 2, pankreasnya sebenarnya menghasilkan insulin dalam jumlah cukup, namun dikarenakan tumpukan kadar lemak darah yang tinggi membuat insulin bekerja tidak maksimal dan pankreas akan berusaha menghasilkan lebih banyak insulin. Lama kelamaan, kemampuan pankreas menghasilkan insulin pun akan berkurang dan terjadi resistensi insulin.

Tapi bukan berarti Anda boleh mengonsumsi gula secara berlebihan ya, Mitra Sehat. Disarankan bagi penderita diabetes untuk mengganti gula putih dengan gula aren yang memiliki indeks glikemik lebih rendah.

Diabetes sangat mungkin dicegah. Mulai sekarang bijaklah dalam mengatur pola makan dengan memperhatikan total kalori dan zat gizi tentunya. Karena sebagian besar yang kita makan untuk dijadikan energi akan diubah menjadi glukosa. Selain itu, olahraga rutin dan istirahat yang cukup agar gula darah tetap terkontrol.

Tambahkan Herbal SoMan yang telah direkomendasikan sebagai obat herbal pendamping pengobatan diabetes. Herbal dari 39 bahan alam ini telah teruji klinik dan dinyatakan efektif membantu menurunkan kadar gula darah puasa, dengan dosis 10 tetes, 3xsehari.

Herbal SoMan telah lama dikenal sebagai herbal yang diperoleh dari proses ekstraksi 39 bahan alam, terdiri dari 18 macam buah, 14 sayur-sayuran, dan 7 aneka rempah terpilih. Salah satu bahan bakunya adalah alpukat yang mengandung asam lemak esensial, jenis lemak sehat yang dibutuhkan tubuh.

Tetap waspada ya Mitra Sehat, karena diabetes dapat menyebabkan komplikasi berbagai penyakit seperti stroke, serangan jantung, dan gagal ginjal.

Penyakit diabetes dapat menyebabkan komplikasi seperti impotensi, jantung, stroke, gangguan ginjal, kerusakan syaraf, luka diabetes, hingga berujung amputasi. Hasil Uji Klinik SoMan di UGM menunjukkan, obat herbal SoMan dapat membantu menurunkan kadar gula darah dan penyakit penyerta, sehingga direkomendasikan sebagai obat untuk penyakit diabetes
soman, obat herbal, obat herbal diabetes, herbal soman, hidup sehat,penyakit diabetes, obat diabetes, jamu tetes, daya tahan tubuh, menjaga kesehatan, imun, multivitamin, kesehatan

Read 502 times